Media Pembelajaran Bahasa Arab

Pertanyaan Seputar Media Pembelajaran Bahasa Arab

1. Jelaskan mengapa penggunaan media dalam pembelajaran dipandang penting dan perlu?

Jawab: karena media memiliki beberapa kegunaan dan fungsi dalam membantu dan mempermudah proses pebelajaran, diantara fungsi media dalam pembelajaran adalah;
1. Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Pengalaman tiap siswa berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan berwisata, dan sebagainya. Hal tersebut bisa diatasi dengan media pembelajaran. Jika siswa tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke siswa.
2. Media dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para siswa tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena:
(a) obyek terlalu besar;
(b) obyek terlalu kecil;
(c) obyek yang bergerak terlalu lambat;
(d) obyek yang bergerak terlalu cepat;
(e) obyek yang terlalu kompleks;
(f) obyek yang bunyinya terlalu halus;
3. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya.
4. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
5. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
7. Media dapat membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
8. Media dapat memberikan pengalaman yang menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak

2. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media ada dua bagian, yaitu arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan informasi. Dalam arti luas, yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap baru dengan lebih mudah. Berdasarkan pengertian media pembelajaran tersebut, jelaskan perbedaan antara pengertian media pembelajaran dengan sumber belajar!

Jawab: Melihat dua istilah ini yang memiliki arti yang berdekatan akan tetapi keduanya tetap saja memiliki ruang perdaan. adapun perbedaan anatara keduannya adalah:
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mempermudah penyampaian pesan atau materi pembelajaran. adapun bentuk konkritnya bisa berupa alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perbuatan, minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi pada diri siswa.
Sedangkan sumber belajar (learning resources) adalah segala sesuatu yang memuat pesan atau materi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar. sumber belajar itu baik berupa data, buku teks, media cetak, media elektronik, orang, narasumber, lingkungan sekitar,dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

3. Kemukakan  media pembelajaran yang relevan dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang berorientasi untuk pengembangan keterampilan istima’ dan kalam  masing-masing keterampilan minimal 5 macam media. Beri keterangan mengapa jenis media tersebut yang digunakan?

Jawab: Media yang dapat digunakan dalam mengembangkan keterampilan istima' dapat dilihat dari berdasarkan indra yang dipakai diantara lain;
1. Media audio.
misalnya siswa diminta untuk mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaiakn dengan media rekaman didalam mp3,kemudian siswa diminta mengulanginya. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima'
2. Media audio visual
misalnya peserta didik diberi materi berupa video sesuai dengan materi yang akan diajarkan. dan peserta didikpun diminta milhat dan mendengarkan setelahnya diminta untuk menjelaskan kembali. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima'
3. Media pandang dengar
misalnya siswa diberikan tayangan seperti slide audio atau dalam tv, kemudian diminta untuk merangkum apa yang ia dengar sekaligus dilihat ketika didepan kelas. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima'
4. Media music
misalnya siswa anak MI/SD diberi materi tertentu dengan media musik atau bernyanyi, hal ini akan mudah diterima dan cepet ditangkap, disamping mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima' media ini mudah dan murah
5. Media diskusi
misalnya siswa dibuat menjadi bebrapa kelompok, dan menyampaikan ide dan gagasanya kemudian di kemukakan kebali oleh temat yang mendengarnya. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima' disamping mudah dan murah.
sedangkan media yang dapat digunakan dalam mengembangkan keterampilan kalam, dapat menggunakan media sebagai berikut:
1. Media Gambar
misalnya siswa diberi sati gambar dan diminta untuk menjelaskan sebisanya sesuai pengalaman yang mliki terkait dengan gambar yang di tayangkan atau diberikan. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.
2.  Media Visual
misalnya siswa diminta untuk memperhatikan keadaan lingkungan di sekitar kelasnya kemudian menjelaskannya didepan kelas. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.
3. Media Orang
misalnya siswa diminta untuk mewawancarai sesorang terkait dengan tema yang telah ditentukan. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.
4. Media Pertunjukan
siswa diminta untuk mencari satu temen untuk nantinya diberikan tema tertentu dan berinteraksi di depan kelas. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.
5. Media benda mati
misalnya siswa diminta untuk berbicara tentang benda yang ditunjuk oleh guru, media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.

Refernsi:

1. http://elearning.pba-uinsuka.id/mod/folder/view.php?id=196
2. Sanjaya, Wina. (2008).

Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran
, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudrajat, Akhmad. (2008).
Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini