Media Pembelajaran Bahasa Arab
1. Jelaskan mengapa penggunaan media dalam pembelajaran dipandang penting dan perlu?
Jawab: karena
media memiliki beberapa kegunaan dan fungsi dalam membantu dan
mempermudah proses pebelajaran, diantara fungsi media dalam pembelajaran
adalah;
1. Media dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang
dimiliki oleh para siswa. Pengalaman tiap siswa berbeda-beda, tergantung
dari faktor-faktor yang
menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku,
kesempatan berwisata, dan sebagainya. Hal tersebut bisa diatasi dengan
media pembelajaran. Jika siswa tidak mungkin dibawa ke obyek langsung
yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke siswa.
2. Media dapat melampaui batasan ruang kelas. Banyak hal yang tidak mungkin
dialami secara langsung di dalam kelas oleh para siswa tentang suatu
obyek, yang disebabkan, karena:
(a) obyek terlalu besar;
(b) obyek terlalu kecil;
(c) obyek yang bergerak terlalu lambat;
(d) obyek yang bergerak terlalu cepat;
(e) obyek yang terlalu kompleks;
(f) obyek yang bunyinya terlalu halus;
3. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dengan lingkungannya.
4. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
5. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6. Media dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.
7. Media dapat membangkitkan motivasi dan
merangsang anak untuk belajar.
8. Media dapat memberikan pengalaman yang menyeluruh
dari yang konkrit sampai dengan abstrak
2. Gerlach & Ely (1971) mengatakan bahwa media ada dua bagian, yaitu arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik dan elektronik yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan informasi. Dalam arti luas, yaitu kegiatan yang dapat menciptakan suatu kondisi, sehingga memungkinkan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap baru dengan lebih mudah. Berdasarkan pengertian media pembelajaran tersebut, jelaskan perbedaan antara pengertian media pembelajaran dengan sumber belajar!
Jawab: Melihat
dua istilah ini yang memiliki arti yang berdekatan akan tetapi keduanya
tetap saja memiliki ruang perdaan. adapun perbedaan anatara keduannya
adalah:
Media
pembelajaran
adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mempermudah penyampaian
pesan atau materi pembelajaran. adapun bentuk konkritnya bisa berupa
alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar,
membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message)
dan gagasan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perbuatan, minat
serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi
pada diri siswa.
Sedangkan
sumber belajar (learning resources)
adalah segala sesuatu yang memuat pesan atau materi pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar dan mengajar. sumber belajar itu baik berupa data, buku
teks, media cetak, media elektronik, orang, narasumber, lingkungan sekitar,dan wujud tertentu yang dapat
digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara
terkombinasi yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau
mencapai kompetensi tertentu.
3. Kemukakan media pembelajaran yang relevan dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang berorientasi untuk pengembangan keterampilan istima’ dan kalam masing-masing keterampilan minimal 5 macam media. Beri keterangan mengapa jenis media tersebut yang digunakan?
Jawab: Media
yang dapat digunakan dalam mengembangkan keterampilan istima' dapat
dilihat dari berdasarkan indra yang dipakai diantara lain;
1. Media audio.
misalnya
siswa diminta untuk mendengarkan dan memperhatikan materi yang
disampaiakn dengan media rekaman didalam mp3,kemudian siswa diminta
mengulanginya. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan
keterampilan istima'
2. Media audio visual
misalnya
peserta didik diberi materi berupa video sesuai dengan materi yang akan
diajarkan. dan peserta didikpun diminta milhat dan mendengarkan
setelahnya diminta untuk menjelaskan kembali. media ini akan mempermudah
dalam mengembangkan keterampilan istima'
3. Media pandang dengar
misalnya
siswa diberikan tayangan seperti slide audio atau dalam tv, kemudian
diminta untuk merangkum apa yang ia dengar sekaligus dilihat ketika
didepan kelas. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan
keterampilan istima'
4. Media music
misalnya siswa anak
MI/SD diberi materi tertentu dengan media musik atau bernyanyi, hal ini
akan mudah diterima dan cepet ditangkap, disamping mempermudah dalam
mengembangkan keterampilan istima' media ini mudah dan murah
5. Media diskusi
misalnya
siswa dibuat menjadi bebrapa kelompok, dan menyampaikan ide dan
gagasanya kemudian di kemukakan kebali oleh temat yang mendengarnya.
media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan istima'
disamping mudah dan murah.
sedangkan media yang dapat digunakan dalam mengembangkan keterampilan kalam, dapat menggunakan media sebagai berikut:
1. Media Gambar
misalnya
siswa diberi sati gambar dan diminta untuk menjelaskan sebisanya sesuai
pengalaman yang mliki terkait dengan gambar yang di tayangkan atau
diberikan. media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan
kalam, karena mudah dan murah.
2. Media Visual
misalnya
siswa diminta untuk memperhatikan keadaan lingkungan di sekitar
kelasnya kemudian menjelaskannya didepan kelas. media ini akan
mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan
murah.
3. Media Orang
misalnya siswa diminta untuk
mewawancarai sesorang terkait dengan tema yang telah ditentukan. media
ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam, karena
mudah dan murah.
4. Media Pertunjukan
siswa diminta
untuk mencari satu temen untuk nantinya diberikan tema tertentu dan
berinteraksi di depan kelas. media ini akan mempermudah dalam
mengembangkan keterampilan kalam, karena mudah dan murah.
5. Media benda mati
misalnya
siswa diminta untuk berbicara tentang benda yang ditunjuk oleh guru,
media ini akan mempermudah dalam mengembangkan keterampilan kalam,
karena mudah dan murah.
Refernsi:
1. http://elearning.pba-uinsuka.id/mod/folder/view.php?id=196
2. Sanjaya, Wina. (2008).
Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran
, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudrajat, Akhmad. (2008).
Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa.

kurang bageeeeeeeeeeet isi nya
BalasHapus